Gelar Buka Puasa Bersama, Tribun Jabar juga Beri Penghargaan bagi Humas-humas Pemerintah dan Swasta
Jumat, 24 Mei 2019 22:23
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Gelar Buka Puasa Bersama, Tribun Jabar juga Beri Penghargaan bagi Humas-humas Pemerintah dan Swasta
Acara buka puasa bersama dan pemberian apresiasi yang diselenggara Tribun Jabar di hotel Mercure Bandung City Centre, Jumat (24/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Acara buka puasa bersama dan pemberian apresiasi yang diselenggarakan Tribun Jabar "Meraih Berkah Dengan Mempererat Silaturahmi Bersama Tribun Jabar" berlangsung meriah di hotel Mercure Bandung City Centre, Jumat (24/5/2019).

Tidak hanya merajut silaturahmi dalam kehangatan suasana berbuka puasa bersama, sejumlah apresiasi atau penghargaan diberikan kepada sejumlah humas pemerintah daerah di Jawa Barat, perusahaan, dan agen media massa.

Direktur Tribun Jabar, Tatang Suherman, dalam sambutannya mengatakan acara silaturahmi dan berbuka puasa bersama kali ini memiliki keistimewaan tersendiri, yakni pemberian penghargaan kepada humas pemerintahan, dinas pemerintahan, perusahaan, dan agensi, yang telah berprestasi dan menjalin hubungan yang sangat baik dengan Tribun Jabar.

Tribun Jabar, katanya, mengapresiasi kinerja PR atau humas pemerintahan dan swasta yang selama ini bertugas jadi wajah perusahaan atau pemerintah di hadapan masyarakat. Apresiasi ini secara simbolis diberikan dalam bentuk koran mini yang memuat profil humas.

"Humas atau PR di perusahaan swasta atau pemerintahan adalah salah satu organ paling penting karena bagaimanapun juga humas atau PR ini bertugas mempopulerkan produk perusahaan atau instansi pemerintahan kepada masyarakat," kata Tatang Suherman yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Tribun Jabar ini.

Tatang mengatakan di era Revolusi Industri 4.0 ini setiap humas atau PR harus mengikuti perkembangan zaman untuk bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat, termasuk bisa menjangkau kalangan tua sampai milenial.

Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Tribun Jabar, Tatang Suherman, duduk bersama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dalam acara buka puasa bersama dan pemberian apresiasi di hotel Mercure Bandung City Centre, Jumat (24/5/2019).
Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Tribun Jabar, Tatang Suherman, duduk bersama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dalam acara buka puasa bersama dan pemberian apresiasi di hotel Mercure Bandung City Centre, Jumat (24/5/2019). (Tribun Jabar/Zelphi)

"Di era milenial ini, dibutuhkan gebrakan inovatif dan kreatif yang bisa menjangkau semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, contohnya humas pemerintahan, bisa menyampaikan berbagai sektor pembangunan seperti pariwisata dan infrastruktur kepada lapisan masyarakat," ujarnya.

Tribun Jabar, kata Tatang, merupakan media massa terkemuka yang selama ini menjadi jembatan informasi dari perusahaan atau pemerintahan kepada masyarakat. Tatang berharap bisa meningkatkan kembali kerja sama yang selama ini dibangun.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, turut hadir dalam kegiatan tersebut menyerahkan penghargaan kepada sejumlah humas dan instansi pemerintahan serta BUMD di Jabar.

Turut hadir dalam acara ini Rahmi Khasya Sarini sebagai GM Business Tribun Jabar Vice Manager Tribun Jabar Purnomo, dan jajaran Tribun Jabar.

Dalam sambutannya, Iwa mengajak berbagai pihak, terutama Tribun Jabar sebagai salah satu media massa terbesar di Jabar dalam mendukung visi 100 tahun Indonesia merdeka.

Dengan dukungan berbagai pihak, Indonesia dapat menjadi negara terbesar dengan ekonomi terkuat kelima di dunia pada 2045, setelah Amerika Serikat, Cina, India, dan Jepang.

"Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran Tribun Jabar yang selama ini membantu pemerintah dalam sehingga masyarakat Jabar mendapat informasi yang akurat dan edukatif, sehingga masyarakat mendapatkan pencerahan," katanya.

Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Tribun Jabar, Tatang Suherman, duduk bersama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dalam acara buka puasa bersama dan pemberian apresiasi di hotel Mercure Bandung City Centre, Jumat (24/5/2019).
Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Tribun Jabar, Tatang Suherman, duduk bersama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dalam acara buka puasa bersama dan pemberian apresiasi di hotel Mercure Bandung City Centre, Jumat (24/5/2019). (Tribun Jabar/Zelphi)

Kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Provinsi Jabar dan juga pemerintah daerah lainnya di Jabar dengan Tribun Jabar, kata Iwa, berkontribusi dalam mempercepat proses pembangunan, baik di Jabar maupun nasional.

Iwa mengatakan berbagai kombinasi kebijakan sejak masa pemerintahan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf, Ahmad Heryawan-Dedi Mizwar, dan kini Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, membuat Jabar ngabret di berbagai bidang, terutama ekonomi. Hal ini, katanya, dibantu peran media massa, termasuk Tribun Jabar yang hampir 20 tahun mengawal Jabar.

Pertumbuhan ekonomi di Jabar, katanya, selalu di atas rata-rata nasional dengan capaian 5,6 persen, didukung dengan angka inflasi yang rendah, sekitar 3 persen. Dengan kombinasi ini, katanya, angka kemiskinan di Jabar terus menurun yang kini turun dari 8 persen jadi 7 persen.

"Sekali lagi, baik dari pribadi maupun mewakili pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada Tribun Jabar. Dengan bantuan teman-teman Tribun Jabar, kita bisa bersama mempercepat pembangunan Jabar," kata Iwa.

Dalam kesempatan ini, Tribun Jabar memberikan penghargaan kepada Biro Humas dan Protokol Pemprov Jabar, Humas Kota Bandung, Humas Kabupaten Bandung, Humas Kabupaten Bandung Barat, Humas Kota Cimahi, dan Diskominfo Kabupaten Purwakarta.

Penghargaan serupa diberikan juga kepada PDAM Tirtawening Kota Bandung, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung, RM Agency, Gemi Agency, dan Bambang dari AGC.

Perusahaan yang juga mendapat penghargaan adalah Rabbani, DJP Pajak, Honda Daya Adicipta Motora,  Yamaha DDS II Jabar, Indosat Jabar PT PSJL, Trans Studio Bandung, Prodia, Borma Grup, Grand Mercure, dan BNI.

Satu di antarqa penerima penghargaan, Fery Heryana sebagai Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Pemerintah Kabupaten Purwakarta, mengatakan bukan hanya penghargaan yang didapatkan tapi elektabilitas Diskominfo Purwakarta untuk semakin baik.

"Insya Allah ke depannya kami Diskominfo Kabupaten Purwakarta akan selalu berinovasi agar Purwakarta semakin istimewa. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat membantu untuk program kehumasan yang akan datang," katanya.