Penyebar Video Asusila Sumedang Tertunduk Lesu Saat Ditangkap, Tak Tahu Selingkuhannya Bersuami
Rabu, 11 September 2019 21:24
Editor: taufik ismail
Penyebar Video Asusila Sumedang Tertunduk Lesu Saat Ditangkap, Tak Tahu Selingkuhannya Bersuami
Pelaku penyebaran video asusila yang diperankan dua warga Kabupaten Sumedang dibekuk polisi di Kertajati, Majalengka, Selasa (10/9/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Agus Iyan Sopyan (34) tertunduk lesu saat ditangkap polisi.

Sopir truk asal Ujungjaya ditangkap polisi karena menyebarkan video asusila yang diperankannya bersama pasangan selingkuhannya.

Agus ditangkap di rumahnya yang sekarang di Kertajati, Majalengka yang berbatasan dengan Ujungjaya, Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 03.00.

“Saya kesal dan dibohongi pacar saya. Sebelumnya dia mau saya nikahi tapi saat diajak serius menikah malah menolak,” kata Agus Iyan Sopyan di Mapolres Sumedang, Rabu (11/9/2019).

Pria berperawakan kecil ini mengaku menjalin hubungan dengan YS (34) asal Paseh sejak Apri lalu.

“Pacaran sejak April lalu tapi kalau hubungan suami istri direkam itu sekitar Juli lalu di sebuah penginapan di Tolengas, Tomo,” katanya.

Plt Kasubag Humas Polres Sumedang, Iptu Dedi Juhana menunjukkan gambar dari video syur tersebut.
Plt Kasubag Humas Polres Sumedang, Iptu Dedi Juhana menunjukkan gambar dari video syur tersebut. (Tribun Jabar/Seli Andina Miranti)

Karena kesal ajakannya ditolak, Agus Iyan Sopyan mengirimkan video adegan mesumnya dengan YS ke bibi pasangan selingkuhannya.

“Saya kirimkan video mesum itu ke bibi YS memalui WhatApps. Saya kesal karena dia menolak diajak menikah. Saya juga tidak tahu kalau pacar saya itu sudah punya suami,” katanya.

YS menolak diajak menikah karena ia sudah bersuami dan kini tinggal bersama suaminya di sebuah desa di Kecamatan Paseh.

Video mesum Agus dengan YS beredar luas di masyarakat sejak akhir pekan lalu.

barang bukti video mesum Sumedang
barang bukti video mesum Sumedang (Tribun Jabar/Seli Andina)

Video seronok berdurasi 3 menit 10 detik dan 39 detik beredar melalui pesan video WhatApps dari tangan ke tangan di Kecamatan Paseh.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan menyusul beredar video tersebut.

Senin (10/9/2019), YS pemeran wanita di video mesum itu membuat laporan ke polisi.

Kapolres AKBP Hartoyo menyebutkan pelaku pemeran, perekam, dan penyebar video mesum itu sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Pemeran pria dalam video asusila sekaligus yang merekam dan menyebarkan videonya sudah ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka,” kata Kapolres AKBP Hartoyo di Mapolres, Rabu (11/9/2019).

Kapolres mengatakan, Agus sengaja menyebarkan video asusila tersebut karena kesal terhadap pacarnya yang menolak ajakannya untuk menikah.

"YS menolak diajak menikah karena baik YS maupun AIS ini masih berkeluarga, masih ada ikatan pernikahan," katanya.

Polisi saat ini menetapkan satu tersangka dalam kasus tersebut.

"Untuk pemeran wanita saat ini belum bisa ditetapkan sebagai tersangka. Rekaman ini kesepakatan kedua pihak, hanya yang menyebarkannya pasangan prianya," kata Kapolres.

Agus dijerat Pasal 45 UU ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara, dan atau Pasal 29 UU Pornografi dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.