Tahun Depan Seluruh Indonesia Teraliri Listrik, Kata Menteri ESDM Ignasius Jonan
Rabu, 11 September 2019 20:31
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tahun Depan Seluruh Indonesia Teraliri Listrik, Kata Menteri ESDM Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, di depan Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Jalan Dipatikukur, Kota Bandung, Rabu (11/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menarget, tahun 2020, seluruh wilayah di Indonesia bisa teraliri listrik.

Hal itu dikatakan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat ditemui usai menjadi pembicara di orasi ilmiah pada kegiatan Dies Natalis Unpad ke-62 dengan tema 'Energi Berkeadilan'.

Setiap bulan, ucap Ignasius Jonan, pihaknya menargetkan ada peningkatan elektrifikasi di Indonesia sebesar 0.1 persen.

"Mudah-mudahan, akhir tahun 2019 ini hasil elektrifikasinya bisa mungkin 99,3 persen. Target sampai tahun 2020 mestinya sudah 100 persen ya," kata Ignasius Jonan di depan Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Jalan Dipatikukur, Kota Bandung, Rabu (11/9/2019).

Dia mengklaim bahwa pada bulan Agustus 2019, elektrifikasi baru mencapai 98.9 persen.

Dengan target yang perbulannya 0.1, ia yakin di tahun depan Indonesia bisa teraliri listrik seluruhnya.

Selain itu, Jonan menyebut setiap tahun kebutuhan listrik baru juga terus bertambah.

Bahkan menurut data yang diperoleh oleh Ignasius, setiap tahunnya ada listrik baru mencapai 500 ribu rumah tangga.

"Setiap tahun itu minimal ada tambahan rumah tangga baru itu 500 ribu. Jadi ini yang lama harus dikejar untuk selesai dan yang baru juga harus ada," ucap dia.

Saat disinggung mengenai konsep energi berkeadilan terkait BBM satu harga, Ignasius memiliki sendiri untuk hal tersebut.

Target saat ini pemerintah akan  membuat 170 titik penyalur BBM di seluruh wilayah Indonesia untuk mencapai BBM satu harga.

Ia pun menegaskan bahwa Presiden RI, Joko Widodo telah menyetujui hal tersebut dan menargetkan akan menambah lebih banyak penyalur BBM.

"Kalau BBM satu harga pak presiden setuju alokasinya ditambah. Sebenarnya target sampai akhir tahun ini 170 tapi saya usul sampai 2024 itu paling kurang 500 lah," ujarnya.