VIDEO Objek Wisata 'Dewa Siwa' di Sumedang Diminta Siapkan Satgas Covid-19
Selasa, 30 Juni 2020 10:09
Editor: yudix

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang meminta pengelola objek wisata alam Dewa Siwa atau sebutan bagi objek wisata alam Leuwiseeng untuk menyiapkan Satgas Covid-19.

Pasalnya, objek wisata yang berada aliran Sungai Cicapar tepatnya di Desa Kaduwulung, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang itu setiap harinya kerap dipenuhi pengunjung.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan, dengan banyak pengunjung yang datang, pengelola harus menyiapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Mulai pintu masuk harus disiapkan tempat cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermal gun dan pengunjung juga harus pakai masker dan jaga jarak," ujar Hari Tri Santosa, belum lama ini.

Ia mengatakan, jika ada pengunjung yang berkerumun petugas harus sigap menyampaikan agar menjaga jarak dan pengunjung juga diharapkan untuk bisa sadar diri dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kita sudah sampaikan agar disini harus ada Satgasnya yang tugas menyampaikan penerapan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan sebagainya," kata Hari.

Hal tersebut, kata Hari, karena objek wisata Dewa Siwa atau Desa Wisata Sisi Walungan ini merupakan objek wisata outdor yang saat ini tengah digandrungi masyarakat.

"Jadi, kedepannya juga harus diadakan home stay karena ini wisata alam yang sangat digandrungi. Ini wisata yang berwawasan lingkungan, kedepannya harua ada kelanjutannya," ucapnya.

Menurutnya, objek wisata ini juga bisa dijadikan tempat edukasi dan pembelajaran dalam hal melestarikan lingkungan, sehingga ekosistem yang ada disini harus tetap dijaga.

"Mereka harus menjaga keseimbangan, jangan sampai tempat wisata ini lingkunnya rusak," kata Hari.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Objek Wisata 'Dewa Siwa' di Sumedang Diminta Siapkan Satgas Covid-19, https://jabar.tribunnews.com/2020/06/28/objek-wisata-dewa-siwa-di-sumedang-diminta-siapkan-satgas-covid-19.
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Video Editor: Wahyudi