VIDEO-Wujud Peduli Pendidikan, Polsek Talaga Majalengka Bagikan Sepatu ke Anak Sekolah Pinggiran
Sabtu, 1 Agustus 2020 19:25
Editor: Teguh Kurnia

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Kepolisian Sektor Talaga Polres Majalengka membagikan ratusan sepatu untuk para anak sekolah pinggiran di Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Sabtu (1/8/2020).

Pembagian itu sebagai bentuk perhatian kepolisian terhadap anak yang terus semangat mengenyam pendidikan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 ini, pembelajaran rencananya akan mulai diberlakukan secara tatap muka di wilayah yang masuk zona hijau dimulai dari jenjang SMA.

Oleh karena itu, sepatu merupakan satu keperluan sekolah yang harus disiapkan.

Kapolsek Talaga, AKP Agus Romy, langsung mempersiapkan sejumlah sepatu yang akan dibagikan kepada para murid di mapolsek.

Didampingi bhabinkamtibmas, mereka memasukkan sepatu itu di kantong transparan berukuran besar.

Mereka pun langsung beranjak berkeliling dari rumah ke rumah dengan menggunakan motor klasik.

Tak lupa, Kapolsek menjinjing kantong yang berisi sejumlah sepatu yang hendak dibagikan.

Pantauan Tribuncirebon.com, ketika sudah berada di Desa Argasari, Kapolsek langsung menghampir para anak sekolah pinggiran tersebut.

Mereka sangat antusias karena mendapat sepatu.

Dengan cara menawarkan layaknya penjual sepatu, Kapolsek memberikan sepatu kepada anak pinggiran tersebut sembari memakaikannya.

Satu di antara anak sekolah yang menerima sepatu, Cikita Naylasari (13), mengaku senang memperoleh sepatu dari polisi.

"Alhamdulilah, saya senang sekali. Kebetulan sepatu saya rusak. Dengan diberi bantuan sepatu, saya lebih semangat lagi untuk bersekolah. Saya ingin cepat sekolah lagi," ujar Cikita saat ditemui di rumahnya di Blok Legasari.

Kapolsek Talaga, AKP Agus Romy, menyampaikan, pihaknya prihatin dengan kondisi dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19. Akibat belum boleh dilaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka, anak sekolah menjalani pembelajaran dengan sistem daring.

Mendengar informasi akan dilaksanakan kembali kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, Agus mengatakan, pihaknya terketuk hatinya untuk memberikan ratusan sepatu kepada anak-anak yang berada di kampung dengan kondisi ekonomi yang kurang.

"Situasi saat ini, membuat ekonomi masyarakat tidak merata. Meski sebagian ada yang mampu, namun tidak sedikit orang tua yang kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anaknya," ucap AKP Agus Romy.

Pihaknya akan menyasarkan seluruh anak sekolah yang berekonomi rendah, sebagai wujud kepedulian kepolisian terhadap pendidikan.

pembagian sepatu diawali di Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

"Sasarannya pasti anak yang tidak mampu, ya. Saya juga melihat fakta di lapangan, bahwa sangat miris melihat kondisi dunia pendidikan saat ini. Selain harus terus membeli kuota demi melanjutkan pembelajaran, kebutuhan sekolah harus terus terpenuhi," jelas dia.

Kapolsek mengatakan, suatu kebanggaan dapat membantu anak-anak sekolah yang kurang mampu.

Meski tidak seberapa, melihat anak-anak tersenyum dan semangat lagi untuk sekolah, dia sangat senang.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, yang juga ikut turun langsung membagikan sejumlah sepatu kepada anak sekolah mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud perhatian pemerintah, khususnya dari pihak kepolisian kepada anak-anak yang bersekolah di daerah pegunungan.

"Bahwa kita peduli dengan pelajar kita, terutama dalam masa pembelajaran di rumah di masa pandemi Covid-19. Ini juga sebagai bentuk motivasi dan penyemangat para siswa untuk terus bersekolah," kata Kapolres.

Menurutnya, generasi muda tersebut perlu perhatian lebih agar tetap menjalankan aktivitas sesuai imbauan pemerintah.

"Ini semoga menjadi motivasi tersendiri bagi para generasi bangsa," tuturnya.

Selain memberikan ratusan sepatu untuk anak-anak, Polres Majalengka juga memberikan santunan berupa puluhan sembako kepada masyarakat sekitar. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Wujud Peduli Pendidikan, Polsek Talaga Majalengka Bagikan Ratusan Sepatu ke Anak Sekolah Pinggiran, https://jabar.tribunnews.com/2020/08/01/wujud-peduli-pendidikan-polsek-talaga-majalengka-bagikan-ratusan-sepatu-ke-anak-sekolah-pinggiran.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Giri
Video Production: Edwin Tk