Hajatan di Indramayu Boleh sampai Malam Hari tapi Khusus 7 Kecamatan, Kecamatan Mana Saja?
Rabu, 16 September 2020 13:22
Editor: Ravianto
Hajatan di Indramayu Boleh sampai Malam Hari tapi Khusus 7 Kecamatan, Kecamatan Mana Saja?
(ilustrasi) Anggota Bimas Polsek Kalijati memberikan pengamanan serta edukasi saat ada kegiatan hajatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk mengedepankan protokol kesehatan, Sabtu (8/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Walau sudah memperbolehkan pentas digelar sampai malam hari.

Namun, pelaksanaan hajatan di Kabupaten Indramayu tetap akan dibatasi pemerintah. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Deden Bonni Koswara mengatakan, pagelaran hajatan sampai malam hari hanya boleh dilakukan di wilayah yang masuk kategori zona hijau atau tidak ada kasus Covid-19.

"Izin hiburan dilihatnya dari zona kecamatan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (16/9/2020).

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu per tanggal 14 September 2020, ada sebanyak 7 kecamatan yang masuk zona hijau.

Meliputi Kecamatan Balongan, Kecamatan Kertasemaya, Kecamatan Pasekan, Kecamatan Arahan, Kecamatan Widasari, Kecamatan Gabuswetan, dan Kecamatan Patrol.

Sedangkan wilayah yang masuk zona kuning, hanjatan hanya diperbolehkan maksimal sampai pukul 17.00 WIB, yaitu meliputi Kecamatan Sliyeg dan Kecamatan Anjatan.

Sisanya di luar kecamatan tadi, pagelaran hajatan tidak diperbolehkan.

"Penyelenggara hajatan juga wajib mendapatkan rekomendasi dari Disbudpar, izin keramaian dari kepolisian, menyampaikan surat permohonan kepada GTPP Covid-19, dan penyelenggara hajatan wajib membuat pernyataan tertulis sanggup melaksanakan 0rotokol kesehatan Covid-19," ujar dia.

Standar operasi prosedur (SOP) hajatan ini harus dipatuhi para seniman agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan, mengingat pagelaran hajatan selalu mengundang kerumunan massa.

Dalam hal ini, pihaknya juga akan terus menguodate peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu sebagai acuan para seniman yang akan menggelar hajatan.

"Zona sebaran kecamatan ini akan dijadikan landasan kebijakan Pemda atau Pemerintah Kecamatan dan akan diupdate 2 minggu oleh kami," ujar dia.