Seniman Kota Bandung Tisna Sanjaya Bagikan Tips Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19
Sabtu, 17 Oktober 2020 23:49
Editor: Arief Permadi
Seniman  Kota Bandung Tisna Sanjaya Bagikan Tips Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19
Budayawan Tisna Sanjaya, ditemui di Jalan Diponegoro setelah acara Harmoni Budaya, Jumat (11/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun, Arief Permadi

TRIBUNJABAR.ID - Seniman Kota Bandung Tisna Sanjaya berbagi tips untuk tetap kreatif saat menjalani hari-harinya di rumah saat pandemi Covid-19.

Pelukis, yang juga dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB), itu mengaku, berbulan bulan berada di rumah saat pandemi justru memicu munculnya banyak sekali inspirasi untuk berkarya.

"Saya tetap melukis menggunakan bahan yang ada dalam rumah," ujar saat menjadi pembicara dalam acara bertajuk " Kreativitas di Atas Covid-19 ", yang digelar Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta secara virtual, Sabtu (17/10) pagi.

Tisna mengatakan, ada tiga hal yang harus dilakukan agar kreativitas terus tumbuh di tengah segala keterbatasan yang terjadi pada masa pandemi ini.

Menurutnya hal pertama yang harus dilakukan adalah mencintai keseharian karena sangat menarik. Hari demi hari memang terasa sama saat orang terpaksa harus menghabiskan waktunya di rumah. Namun, kata Tisna, percayalah bahwa hari-hari tak pernah sama. Selalu ada perubahan.

Jadikan, kata Tisna, perubahan dan perbedaan ini sebagai energi. "Setiap keluar rumah bertemu orang sekitar, bersosialisasi, dan bergaul dengan hal-hal unik ataupun rumit harus menjadi spirit," ujarnya.

Selanjutnya, berpikir positif dan dan selalu optimistis karena pamdemi ini terjadi di seluruh dunia, bukan hanya di Tanah Air Indonesia.

"Jadikan itu semua sebagai seni lewat doa. Seni untuk perubahan," ujar Tisna, yang pagi itu berada di rumahnya di Bandung melalui aplikasi zoom, sambil merampungkan lukisan cepatnya sepanjang acara yang berlangsung selama tiga puluh menit itu.

Selain Tisna, juara Bintang Radio Indonesia dan Asia, Rando Sembiring juga juga ikut serta dalam obrolan virtual ini. Namun, berbeda dengan Tisna yang mengikutinya secara virtual, Rando datang langsung ke Media Center Satgas Covid-19 untuk berbagi.

Rando mengatakan, pandemi memang membuat semua orang harus menyesuaikan dan membiasakan diri dengan banyak sekali kebiasaan baru, terutama yang berkaitan dengan protokol 3 M, yakni memakai masker terutama saat keluar rumah, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

"Saya bersyukur di masa pandemi masih bisa berkarya," ujar Rando seraya mengatakan bahwa bernyanyi menggunakan masker menjadi hal yang biasa pada masa pandemi.(*)