KPU Kabupaten Tasik Gelar Simulasi Pencoblosan Sesuai Protokol Kesehatan Cegah Covid-19
Sabtu, 21 November 2020 21:17
Editor: Siti Fatimah
KPU Kabupaten Tasik Gelar Simulasi Pencoblosan Sesuai Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Agar penerapan protokol kesehatan bisa ditegakkan dengan baik, KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar simulasi pemungutan suara, Sabtu (21/11).

Pelaksanaan simulasi digelar di TPS 9 Desa Cipakat, tak begitu kauh dari kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya di Jalan Badak Paeh.

"Simulasi perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana penerapan protokol kesehatan diterapkan," kata Komisioner KPU, Jajang Jamaludin, disela simulasi.

Simulasi dimulai dengan kehadiran warga yang langsung ditest suhu badan saat masuk area TPS. Bagi yang bersuhu normal dipersilakan masuk.

Namun sebelum masuk TPS, wajib membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Petugas KPPS kemudian memberikan sarung tangan plastik tipis.

Saat warga menunggu, lokasi duduk diatur dengan ketat. Yakni jarak antar kursi minimal satu meter.

Pelaksanaan pencoblosan dengan menerapkan protokol kesehatan ini, mendapat pengawasan tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Dari hasil simulasi pemungutan suara ini kemudian dievaluasi barangkali ada yang perlu diperbaiki lagi, agar protokol kesehatan saat pencoblosan berjalan .dengan baik," ujar Jajang. 

Catatan redaksi;

Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Tribunjabar.id, grup Tribunnews.com, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M ( *wajib memakai masker, wajib rajin mencuci tangan, dan wajib selalu menjaga jarak* ).

Bersama-kita lawan virus corona.