Satgas Covid-19 Gandeng PKK Kampanyekan Protokol Kesehatan
Sabtu, 21 November 2020 22:00
Editor: Siti Fatimah
Satgas Covid-19 Gandeng PKK Kampanyekan Protokol Kesehatan
ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah gencar menyerukan pentingnya disiplin penerapan protokol kesehatan, bahkan pemerintah menggandeng berbagai pihak agar kampanye 3M benar-banar dilaksanakan.

Kali ini pemerintah menggandeng organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry Harmadi menyebut pihaknya akan mengandeng organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk dijadikan Duta Perubahan Perilaku. 

Sonny menjelaskan, Satgas Covid-19 saat ini memiliki Duta Perubahan Perilaku yang bertugas mengkampanyekan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ke masyarakat. 

Adapun jumlah Duta Perubahan Perilaku pada saat ini, kata Sonny, sebanyak 37 ribu orang dari berbagai elemen. 

"Ini kami mau tambah kekuatan dari PKK, emak-emak. Jadi sudah sepakat juga dengan PKK," papar Sonny saat acara Polemik Trijaya bertema Evaluasi Kampanye Pilkada 2020, Sabtu (21/11/2020).

 Menurutnya, Duta Perubahan Perilaku dari PKK nantinya ditempatkan pada daerah yang melaksanakan Pilkada, khususnya wilayah yang berisiko tinggi.

"Jadi kami meminta untuk membantu pengawasan terhadap pelaksanaan pencoblosan, hari-hari terakhir menjelang Pilkada," papar Sonny. 

"Mereka juga akan intensif mengedukasi ke masyarakat, khususnya agar masyarakat tetap patuh protokol kesehatan," sambungnya. 

Sonny juga berharap calon kepala daerah memberikan contoh dan mengajak seluruh pendukungnya taat melaksanakan protokol kesehatan yang ketat di setiap tahapan Pilkada. 

"Keteladanan ini penting, kalau mereka (cakada) yang menyampaikan kepada para pendukungnya untuk menjalankan protokol kesehatan saat pencoblosan, itu sangat efektif," ucap Sonny. 

Catatan redaksi;

Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Tribunjabar.id, grup Tribunnews.com, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M ( *wajib memakai masker, wajib rajin mencuci tangan, dan wajib selalu menjaga jarak* ).

Bersama-kita lawan virus corona.