Surya Film Pendek Garapan Teater Kroni dan Teater Nol, Kisahkan Anak Jalanan Bercita-Cita Jadi Guru 
Sabtu, 21 November 2020 20:48
Editor: Dedy Herdiana
Surya Film Pendek Garapan Teater Kroni dan Teater Nol, Kisahkan Anak Jalanan Bercita-Cita Jadi Guru 
Preskon Film Pendek 'Surya' garapan Teater Kroni dan Teater Nol 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman 

TRIBUNJABAR.O.ID, BANDUNG - Teater Kroni dan Teater Nol garap film pendek untuk memperingati Hari Guru Nasional. 

Film pendek garapan mereka ini berjudul 'Surya'. 

Film Surya menceritakan tentang seorang anak jalanan yang bercita-cita menjadi guru. Anak jalanan tersebut bernama Surya. 

Tim produksi dalam film Surya merupakan anggota Teater Nol dan Teater Kroni. 

Para panitia keproduksian dan pemain berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. 

Tokoh utama di film tersebut yaitu Surya yang diperankan oleh Fadli Dwi Andhika dan Suci yang diperankan oleh Rachel Disa Talitha Racma.

Keduanya merupakan anggota Teater Nol SMKN 2 Bandung. 

Penulis Script Film Pendek Surya, Ervin Erviansyah, berbagi cerita tentang latar belakang terbentuknya naskah Surya ini. 

Ia menuturkan, terbentukmya naskah tersebut berawal ketika ia ditugaskan menjadi script writter pada proyek kolaborasi Teater Nol dengan Teater Kroni. 

"Saya pun mulai fokus dalam pencarian ide cerita. Kala itu, muncullah ide cerita Surya dalam imajinasi saya. Dikarenakan ini berhubungan dengan Hari Guru Nasional, saya mulai menfokuskan ke arah yang berkaitan dengan guru. Entah itu dari segi profesi maupun dari segi spirit," ujar Ervin kepada Tribun Jabar, ditemui di Vespuci Workshop, Jalan A H Nasution No 151/61, Kota Bandung. 

Ervin menambahkan, pada naskah film pendek ini ia memfokuskannya dalam segi spirit. 

Menurutnya, untuk menjadi guru itu tidak ada aturan baku. Tidak mesti harus menyelesaikan pendidikan tinggi. 

Karena Hakikat guru adalah mengajar, mendidik, membimbing, dan lainnya. 

"Inilah yang saya terapkan ke naskah Surya ini. Seorang anak jalanan yang mempunyai hobi membaca apapun, dan dia membagikan ilmu yang dia dapat dari buku yang dia baca kepada teman-temannya sesama anak jalanan. Itulah asal mula saya membuat script film pendek Surya tersebut," jelas Ervin. 

Sutradara Film Pendek Surya dan Ketua Teater Kroni, Robby Ramdhani Rosali, mengatakan, Film Surya ini ia garap sesuai keinginan sang penulis. 

"Pada film ini saya bentuk dengan sangat realis. Tentunya dengan bergaya sosial dan menghadirkan suasana yang kompleks. Dari suasana sedih, senang, dan semangat juang. Set latar yang saya hadirkan dalam setiap adegan disesuaikan dengan sifat mendasar naskah Surya," tutur Robby di lokasi tersebut. 

Lanjut kata Robby, naskah Film Surya ini lebih menceritakan tentang seorang anak yang hidup di lingkungan menengah ke bawah. 

Jadi dalam film ini, lingkungan pasar dan lingkungan jalanan menjadi dominan dalam setiap adegan. 

Sedangkan untuk setiap aktor yang memerankan tokoh di film pendek Surya, ia arahkan untuk lebih menjiwai kepada penokohan yang bersifat kesederhanaan dalam balutan lingkungan jalanan. 

"Maka dari itu saya berharap film pendek Surya ini dapat menjadi inspirasi bagi kawan-kawan kita yang berada di jalanan untuk lebih semangat di dalam pendidikan," pungkas Robby. 

Film Surya yang disutradarai dan diproduseri oleh Teater Kroni ini juga kental dengan dunia pendidikan. 

Namun film tersebut tetap dikemas secara populer dengan gaya khas anak muda, serta memperlihatkan sejumlah nilai-nilai yang baik untuk ditiru. (Fasko)