VIDEO-PAN Optimis Menangkan Pilkada, Ketua DPW PAN Jawa Barat Desy Ratnasari Berpesan untuk Kadernya
Sabtu, 21 November 2020 23:55
Editor: Teguh Kurnia

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dari 8 kabupaten/kota di Jawa Barat  yang menyelenggarakan Pilkada 2020 (Pilkada Serentak) PAN optimis menang  di 3 daerah.

“Untuk 3 daerah, calon yang kami usung bersama partai koalasi sudah aman. Optimis menang,” ujar Ketua DPW PAN Jawa Barat periode 2020-2025, Hj Desy Ratnasari Msi MPSi kepada Tribun usai kegiatan silaturahmi dengan pengurus DPD PAN Kabupaten Ciamis, anggota Fraksi PAN DPRD Ciamis dan pengurus DPC PAN dari seluruh kecamatan di Ciamis, Sabtu (21/11) sore.

Pada kesempatan tersebut Hj Desy Ratnasari didampingin Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar, Ir H Heri Dermawan dan Ketua DPD PAN Ciamis, Yana D Putra.



Silaturahmi yang berlangsung Hotel Th-e Priangan Ciamis tersebut hanya dibatasi untuk 50 kader dan berlangsung dengan protokol kesehatan. 

Namun Desi enggan menyebut  3 daerah yang akan dimenangkan paslon yang diusung PAN dan partai koalisinya.

“Atas nama keadilan saya tidak akan menyebut 3 nama daerah tersebut. Kalau saya sebut, nanti kader di 5 daerah yang lain tidak bekerja keras,” katanya.



Meski di 3 daerah PAN optimis paslon yang diusungnya menang, namun Desi meminta kader di 5 daerah lainnya tetap bekerja, bekerja marathon untuk memenangkan paslon yang diusung PAN bersama partai koalasi.

“Tetap harus bekerja keras, kerja marathon mengingat tanggal 9 Desember (hari H pencoplosan) sudah dekat,” ujar artis pelantun lagu “Tenda Biru” tersebut.

Selain Pilkada Serentak di 8 daerah, DPW PAN Jabar menurut Desy juga memantau pelaksanaan Pilkades Serentak di Ciamis yang akan digelar tanggal 19 Desember, setelah usai Pilkada Serentak 2020.



Dari 143 desa di Ciamis yang mengikuti Pilkades Serentak tersebut tentu ada kader dan simpatisan PAN yang menjadi calon kades.

“Adalah tugas kader PAN untuk melakukan upaya-upaya strategis untuk memenangkan kader PAN yang menjadi calon kades. Anggota Fraksi PAN tentu juga punya tanggung jawab terutama  di dapil masing-masing. Kader-kader PAN yang jadi calon kades harus didukung, dibantu agar terpilih” katanya dihadapan para kader PAN yang hadir pada silaturahmi yang berlangsung di Hotel Th-e Priangan Sabtu (21/11) sore tersebut.

Adanya kader PAN yang terpilih jadi kades tentu jadi harapan bagi PAN dalam menghadapi Pileg 2024 nanti. “Pada Pileg 2024 nanti, raihan kursi PAN di Ciamis harus bertambah. Kalau sekarang di DPRD Ciamis ada 5 kursi. Tahun 2024 nanti minimal 6 atau 7 kursi. Alhamdulillah kalau bisa 10 kursi,” ujar Desy Ratnasari.



Untuk menambahan raihan suara PAN di Ciamis harus mempersiapkan kader-kader berbobot berkualitas. Termasuk kader perempuan.

“Kader perempuan yang jadi caleg PAN jangan hanya untuk memenuhi kuota gender 30%. Tapi caleg perempuan tersebut harus berkualitas. Soal caleg perempuan ini akan menjadi perhatian serius saya sebagai Ketua DPW PAN Jabar,” tegasnya.

Setelah terpilih sebagai Ketua DPW PAN Jabar periode 2020-2025 pada Muswil PAN Jabar awal September lalu, menurut Desy, kini ia tengah menjalani perintah Ketua Umum DPP PAN, H Zulkifli Hasan untuk melakukan tour de Jabar, mendatangi kader-kader PAN di kabupaten/kota se Jabar.


Untuk silaturahmi dan konsolidasi

“Tadi siang saya bersilaturahmi dengan kader PAN di Kuningan, sore ini di Ciamis dan malamnya di Pangandaran.

Usai dari Ciamis, rombongan langsung ke Pangandaran,” ujar Desy Ratnasari.

Kabupaten Pangandaran yang kini bersiap-siap menghadapi hari H pencoplosan Pilkada Serentak 2020, dimana salah satu pasangan calonnya diusung oleh PAN dan partai koalisi.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul PAN Optimis Menangkan Pilkada, Ketua DPW PAN Jawa Barat Desy Ratnasari Berpesan Ini untuk Kadernya, https://jabar.tribunnews.com/2020/11/21/pan-optimis-menangkan-pilkada-ketua-dpw-pan-jawa-barat-desy-ratnasari-berpesan-ini-untuk-kadernya.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Siti Fatimah
Video Editor: Edwin Tk